Kawah Sikidang Dieng Wonosobo: Harga Tiket, Alamat & Lokasi

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo
Instagram.com/53pri
RANGKUMAN
Tempat WisataKawah Sikidang Dieng
AlamatDesa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
MapsGoogle Maps
Harga Tiket MasukRp 20.000
Hari & Jam BukaSetiap hari:
07.00 – 17.00 WIB

Jejak Kenzie – WONOSOBO. Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng tentu belum afdhol kalau gak mampir ke Kawah Sikidang, ya sobat Kenzie. Salah satu spot wisata yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng.

Tempat wisata ini selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat aktivitas vulkanik secara langsung, terlebih lagi di akhir pekan.

Hal itu karena Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata unggulan Dieng yang mudah dicapai dan dinikmati dibandingkan kawah-kawah lainnya yang ada di Dieng.

Selain itu, saat ini tempat wisata Kawah Sikidang Dieng sudah mengalami sejumlah perbaikan (termasuk jalur trekking) sehingga terkesan lebih menarik untuk dikunjungi.

Penasaran seperti apa?
Nah, sebelum berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng, alangkah baiknya sobat Kenzie simak dulu informasi selengkapnya berikut ini.


Alamat & Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Alamat & Lokasi Kawah Sikidang
Instagram.com/etybintang.arfa

Kawah Sikidang terletak di Dataran Tinggi Dieng yang juga merupakan kawasan vulkanik yang cukup luas.

Secara administratif, sih, Kawah Sikidang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Tepatnya di alamat Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.

Meski secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara, namun banyak orang menganggap kalau Kawah Sikidang berlokasi di Wonosobo. Hal itu karena akses terdekatnya adalah lewat Wonosobo.

Terlepas dari itu semua, di sekitar Kawah Sikidang juga ada beberapa objek wisata yang juga bisa kamu kunjungi sekaligus.

Rute Menuju Lokasi

Meskipun lokasi Kawah Sikidang cukup jauh dari pusat kota, namun aksesnya cukup mudah untuk dilalui, kok.

Sedangkan cara termudah untuk menuju ke Kawah Sikidang Dieng adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan utama Wonosobo – Dieng.

Dari Wonosobo, sobat Kenzie hanya perlu mengambil ke arah Dieng. Setelah sampai di terminal Dieng, sobat Kenzie bisa lanjutkan perjalanan lagi menuju Kawah Sikidang.

Jika masih bingung dengan rutenya, sobat Kenzie bisa mengikuti rute ke Candi Bima atau Candi Arjuna, karena lokasi Kawah Sikidang berdekatan dengan kedua candi tersebut.

Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi penunjuk arah milik google (Google Maps) agar lebih mudah menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng
Jejak Kenzie/Dok. Pribadi
HARGA TIKET MASUK
KAWAH SIKIDANG DIENG
Tiket MasukRp 20.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir mobilRp 5.000

Harga tiket masuk Kawah Sikidang Dieng masih tergolong murah dan terjangkau. Yaitu hanya sebesar Rp20 ribu per orang.

Selain tiket masuk, sobat Kenzie juga harus mempersiapkan dana untuk biaya parkir sebesar Rp3 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

Meskipun Kawah Sikidang merupakan obyek wisata yang ramah di kantong, sebaiknya siapkan dana lebih agar liburan menjadi semakin nyaman. Siapa tahu sobat Kenzie pengin beli oleh-oleh untuk dibawa pulang gitu.

Sebagai informasi, sobat Kenzie bakal melewati jalur yang mengular saat mau berjalan ke luar dari Kawah Sikidang. Nah, jalur inilah pusat oleh-oleh di Kawah Sikidang yang mungkin saja bisa buat sobat Kenzie kalap berbelanja.

Jam Buka Kawah Sikidang

Jalur trekking Kawah Sikidang
Instagram.com/anna_satriasalon
JAM BUKA
KAWAH SIKIDANG DIENG
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Sobat Kenzie bisa datang kapan pun karena Kawah Sikidang dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu.

Sedangkan untuk jam operasionalnya dimulai dari pagi hingga sore, yakni jam 07.00 – 17.00 WIB.

Daya Tarik Kawah Sikidang

Daya Tarik Kawah Sikidang
Instagram.com/jdmj_win

Menjadi salah satu obyek wisata yang cukup populer, Kawah Sikidang tentunya memiliki sejumlah daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

Meskipun terletak di Pegunungan Dieng, Kawasan Kawah Sikidang ini berada di daerah yang cukup landai, lho.

Sehingga sobat Kenzie bisa langsung melihat bibir kawah secara dekat. Inilah salah satu daya tarik tersendiri dari Kawah Sikidang.

Selain itu, sebenarnya di kawasan ini ada beberapa kawah lain yang lebih kecil. Beberapa diantaranya juga sudah tidak aktif.

Namun Kawah Sikidang inilah yang menjadi kawah terbesar dan luas sehingga sangat populer sebagai objek wisata.

Aktivitas Menarik di Kawah Sikidang

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa sobat Kenzie lakukan ketika berwisata di Kawah Sikidang Dieng, diantaranya adalah:

1. Melihat Bibir Kawah Secara Dekat

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Kawah Sikidang berada di kawasan yang cukup luas dan landai. Sehingga sobat Kenzie bisa melihat bibir kawah secara dekat.

Menyaksikkan secara langsung aktivitas vulkanik yang menyemburkan lumpur-lumpur panas tentunya akan menjadi pengalaman wisata yang sangat menyenangkan.

Namun perlu diingat, Kawah Sikidang mengandung belerang yang aromanya sangat menyengat.

Jadi saya sarankan, pakailah masker berlapis ketika mengunjungi tempat wisata ini. Terutama bagi sobat Kenzie yang tidak tahan dengan aroma belerang.

2. Menyusuri Kawasan Wisata

Kawah Sikidang Dieng
Instagram.com/yana.setyaa

Demi keamanan dan kenyamanan dalam berwisata, Kawah Sikidang sudah mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Salah satunya penambahan jalur trekking yang bernama Jembatan Kayangan lengkap dengan pagarnya.

Sobat Kenzie bisa menyusuri kawasan wisata ini melalui jembatan tersebut.

Dengan jembatan ini, sobat Kenzie bisa lebih nyaman dan tentunya aman ketika menyusuri area kawah.

3. Hunting Foto

Spot foto Kawah Sikidang
Instagram.com/susilestari_11

Wisata yang semakin tertata, membuat Kawah Sikidang menjadi destinasi wisata unggulan bagi seluruh generasi, terutama anak muda.

Dengan penataan yang lebih rapi, sekarang ini Kawah Sikidang lebih instagramable dan cocok banget buat hunting foto.

Jalur trekkingnya juga dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menarik. Serasa kayak di Jepang gitu, lho, sobat Kenzie.

4. Menikmati Sedapnya Telur Rebus

Nah, hal unik yang bisa sobat Kenzie lakukan di sini adalah menikmati telur rebus khas Kawah Sikidang.

Telur rebus ini direbus di kawah-kawah kecil yang ada di sana. Rasanya nggak kalah enak deh pokoknya.

5. Berbelanja Oleh-oleh & Souvenir

Di Kawah Sikidang, tepatnya di jalan keluar terdapat banyak kios yang menjajakkan berbagai makanan, oleh-oleh, dan souvenir khas Dieng yang bisa sobat Kenzie beli.

Untuk harganya pun masih tergolong wajar dan terjangkau. Jadi jangan sampai pulang dengan tangan kosong, ya, sobat Kenzie.

Fasilitas Wisata

Instagram.com/mila_aisa06

Sebagai wisata populer di Dieng, Kawah Sikidang sudah terdapat beberapa fasilitas penunjang kenyamanan berwisata. Fasilitas tersebut meliputi:

  • Area parkir yang sangat luas
  • Jalur trekking yang memudahkan wisatawan dalam menyusuri area wisata
  • Gazobo untuk beristirahat
  • Kedai makanan dan minuman
  • Tempat ibadah (Mushola)
  • Toilet

Kelebihan Kawah Sikidang

  1. Harga Tiket Masuk (HTM) Kawah Sikidang Dieng cukup terjangkau
  2. Tempat wisata ini instagramable banget
  3. Suasana di lokasi sangat dingin dan sejuk
  4. Keindahan kawah aktif yang menakjubkan
  5. Tempat yang semakin hari semakin terawat
  6. Wisata yang cocok untuk semua kalangan dan segala usia

Kekurangan Kawah Sikidang

  1. Akses jalan keluar yang sangat jauh dan melelahkan
  2. Selain jauh, akses jalan keluar juga sangat kotor
  3. Banyak sampah berserakan di jalan keluar
  4. Banyak vandalisme di kios-kios yang masih kosong
  5. Gazebo masih jarang dan cukup jauh untuk berteduh di kala hujan datang
  6. Fasilitas masih belum bisa menampung banyak pengunjung
  7. Bau belerang begitu menyengat

Tips Berkunjung ke Kawah Sikidang

  1. Berdoa sebelum berangkat. Kemanapun kamu pergi, ada baiknya berdoa terlebih dahulu agar selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah.
  2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Cek kendaraan yang akan sobat Kenzie pakai secara keseluruhan, ya. Karena kamu akan melewati medan jalan yang cukup ekstrim dan menanjak.
  3. Periksa daya smartphone dan kamera yang akan kamu bawa. Di Kawah Sikidang kamu akan menemukan banyak spot foto yang instagramable.
  4. Pakai pakaian yang hangat dan tebal. Kawah Sikidang berada di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Udara di sini cukup sejuk dan dingin. Jadi, perhatikan pakaian yang kamu kenakan, ya.
  5. Pakai masker. Selain karena protokol kesehatan, bau belerang di Kawah Sikidang sangat menyengat. Jika sobat Kenzie tidak tahan dengan bau belerang ini, saya sarankan pakai masker berlapis aja.
  6. Datang saat cuaca cerah. Wisata ke Kawah Sikidang akan lebih menyenangkan saat cuaca sedang cerah. Tempat wisata ini tidak cocok untuk dikunjungi saat musim hujan.
  7. Patuhi protokol kesehatan. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya. Minimal memakai masker dan menjaga jarak antar wisatawan.
  8. Jaga kebersihan. Sangat disayangkan jika tempat wisata sebagus ini tercemar oleh sampah. Jadi, sebagai treveler yang baik, sobat Kenzie harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, ya.

Informasi Tambahan

Akses jalan keluar di Kawah Sikidang menurut saya sangat jauh. Sebenarnya deket sih, tapi karena jalannya dibuat mengular jadi untuk sampai di parkiran menjadi sangat jauh.

Jika sobat Kenzie sudah berniat untuk mengunjungi Kawah Sikidang, maka persiapkan kaki sobat Kenzie pegal-pegal saat keluar hanya untuk menuju ke parkiran.

Ohh iya, di kiri-kanan sepanjang akses jalan keluar ini terdapat kios-kios yang menjajakkan aneka makanan, oleh-oleh, & souvenir khas Dieng.

Maka dari itu, meskipun tiket masuk Kawah Sikidang cukup terjangkau, alangkah baiknya persiapkan juga dana lebih untuk berjaga-jaga. Siapa tahu nanti sobat Kenzie kalab selama perjalanan keluar menuju parkiran.

Galeri

Frequently Asked Questions (FAQ)

Dimana lokasi Kawah Sikidang?

Kawah Sikidang berada di alamat Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.

Berapa harga tiket masuk (HTM) Kawah Sikidang?

Tiket masuk Kawah Sikidang Dieng sebesar Rp20 ribu per orang.

Kawah Sikidang buka jam berapa?

Kawah Sikidang Dieng dibuka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Fasilitas apa saja yang ada di Kawah Sikidang?

Fasilitas di Kawah Sikidang cukup lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, mushola, toilet, pusat oleh-oleh, warung makan, hingga jalur trekking yang instagramable.

Getting Info...
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.